#ThesisRandom : Gimana sih Perijinan Penelitian di Indonesia?




Alhamdulillah akhirnya saya pun tiba di Indonesia. 
Jadi sebelum saya pulang, saya sempat kepo kepada teman-teman saya yang sudah melakukan penelitian di Indonesia mengenai gimana sih alur perijinan untuk penelitian khususnya bagi teman-teman yang tengah melanjutkan sekolah di luar negeri.

Namun, tetap saya kewalahan juga karena ternyata alur perijinan (mungkin) tiap daerah berbeda-beda. Nah, di sini saya ingin membagikan sedikit pengalaman yang saya alami, semoga bermanfaat untuk teman-teman yang hendak melakukan penelitian di Indonesia. Saya akan langsung saja ceritakan point-point dari mana kemana prosesnya. Well, tetap saya merasakan proses dioper-oper sih tapi namanya juga proses mendapatkan data, gak semuanya mulus-mulus aja hehe.


Sebelum pulang ke Indonesia, ada beberapa hal yang harus teman-teman siapkan, antara lain :
  • Surat pengantar penelitian (informed consent letter atau cover letter) dari Universitas teman-teman. Di dalam surat tersebut jangan lupa cantumkan juga lama penelitian, lokasi penelitian, tujuan penelitian dan lain-lain. Oh ya, jangan lupa sudah diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia. 
  • Proposal penelitian dalam bahasa Indonesia (tentunya).
Setelah itu untuk membuat perijinan (lagi-lagi ini berdasarkan pengalaman saya) kalian harus ke beberapa instansi. 

Kesbang Provinsi. 

Nah saya ke Kesbang (Badan Kesatuan Bangsa dan Politik) Provinsi setelah melewati beberapa tahap pengoperan hehe. Di Kesbang Provinsi ini kalian harus menyiapkan beberapa hal seperti:
  • Surat permohonan untuk dibuatkan surat pengantar perijinan. Nah surat ini sebaiknya harus dibuat oleh universitas, namun karena saya tidak tahu menahu soal ini, saya buat sendiri hehe dan alhamdulillah disetujui.
  • Proposal penelitian
  • Surat pengantar dari universitas
  • Fotokopi KTP
  • Daftar instansi tujuan, jelaskan juga itu instansi kota atau provinsi.
  • Terkadang juga mensyaratkan foto diri.
Dari kesbang ini akan memberikan beberapa surat untuk instasi tujuan kalian. Namun itu khusus instansi provinsi, nah beda lagi untuk instansi kota. Nanti dari Kesbang Provinsi akan membuat surat yang ditujukan ke Kesbang Kota, dan dari Kesbang Kota yang akan mengeluarkan surat ke instansi Kota.

Nah, gitu saja sebenarnya kalau berdasarkan pengalamanan saya. Hal ini, saya ceritakan kepada teman-teman saya, dan salah seorang dari teman saya memberikan suatu referensi mengenai Peraturan Menteri yang mengatur tentang perijinan penelitian. Teman-teman bisa membaca informasinya di website : PERATURAN MENTERI DALAM NEGERI REPUBLIK INDONESIA NOMOR 3 TAHUN 2018 TENTANG PENERBITAN SURAT KETERANGAN PENELITIAN

Oh ya, ada juga beberapa teman yang melalui alur perijinan yang berbeda, seperti meminta ijin ke Litbang (Saya sudah ke Litbang dan diarahkan ke Kesbang), atau melalui PTSP. Jadi, buat teman-teman yang hendak melakukan penelitian sebaiknya benar-benar mencari tahu proses dan alur yang berlaku di daerah teman-teman.

Xoxo

Salam Isti
PS: Doakan penelitianku lancar yaaa gaes huhuhu!!!

bonus foto surat-surat :3


1 comment: