#RandomTips: Aplikasi yang Kamu Butuhkan di Belanda

gambar dokumentasi pribadi


Sebenarnya, mau nulis tentang part ini dari jauh-jauh hari alias tahun lalu tapi selalu ditunda-ditunda ditunda akhirnya barulah sempat menulis. Oh ya, postingan seperti ini sudah pernah dibagikan oleh kak Adlien di blog pribadinya dengan judul 7 Apps Smartphone by Adlien, kalian bisa mengklik karena ada beberapa aplikasi yang sedikit berbeda dengan kebutuhan saya. Namanya juga tiap orang kebutuhannya pasti berbeda juga.

Oh ya, sekarang memasuki tahun kedua saya berkuliah di Wageningen University. Tidak terasa mau thesis saja. Hiks hiks!

Daftar beberapa aplikasi di bawah ini sebenarnya penting dan tidak penting, karena menggunakan google pun bisa tanpa harus mendownload aplikasinya, tapi kalau mau mendownload aplikasi malah lebih bagus juga sih.


1. Muslim Pro



Khususnya untuk teman-teman Muslim, aplikasi ini adalah salah satu aplikasi yang harus dimiliki. Di aplikasi Muslim Pro kalian bisa mendapatkan informasi jadwal sholat, arah qiblat, membaca al-qur'an pun bisa juga. Nah, mungkin akan sedikit bermasalah untuk arah qiblat bagi beberapa smartphone yang tidak didukung dengan fasilitas kompas seperti ponsel saya samsung J entah berapa, setiap mendownload aplikasi kompas atau arah qiblat pasti selalu tidak bisa saya gunakan kompasnya. 

Tips: Salah satu siasat yang saya gunakan adalah dengan google maps. Saya perkecil ukuran Maps sehingga tahu lokasi Ka'bah kemudian saya arahkan ke lokasi saya saat ini dengan memperhatikan arah gedung dan jalan raya sekitaran tempat tinggal saya. Memang sedikit rumit. 
Oh ya, untuk teman-teman yang kuliah di Wageningen, disini juga ada komunitas Muslim yang biasanya akan membagikan jadwal solat rutin perbulan. Kalian juga bisa mendapatkan via whatsapp group maupun selebaran yang sudah diprint disalah satu toko Halal "Zam Zam" yang ada di Wageningen.

2. Halal E-Code

Ini adalah aplikasi yang dibutuhkan oleh teman-teman Muslim juga ketika berada di perantauan dan di negara minoritas. Penting rasanya untuk mengecek kode-kode makanan yang akan kita konsumsi. Nah, biasanya tidak tertulis jelas apakah kandungan yang ada di dalam makan tersebut, umumnya pabrik makanan akan menggunakan kode E dan terkadang teman-teman saya akan aware ketika membaca dan menemukan kode E di daftar bahan yang digunakan (ingredients). Salah satu aplikasi yang saya gunakan adalah Halal E-Numbers
Kalian hanya perlu memasukan kode angka dan nanti akan secara jelas dicantumkan masuk kategori Halal, Haram atau Masbuh produk tersebut. Oh ya, kalian juga harus tahu beberapa makanan ada yang menggunakan bahan seperti soja lecitine atau berbahan alami dari tumbuhan. 


3. AccuWeather

Cuaca, mungkin di Indonesia karena hanya ada dua musim dan terkadang kita masih bisa mengetahui dan memprediksi cuacanya karena kita telah terbiasa sehingga kita tidak membutuhkan aplikasi untuk mengetahui cuaca. Saat ini saya menggunakan aplikasi AccuWeather, di aplikasi ini akan menampilkan perkiraan cuaca hingga seminggu kedepan. Karena cuaca di Belanda yang tidak menentu maka sangat disarankan untuk memiliki aplikasi prakiraan cuaca ini. Aplikasi ini bisa juga digunakan tidak hanya di Belanda namun di seluruh dunia (karena saya pernah cek cuaca di Kendari, tempat tinggal saya dan masih terdeteksi kok). Oh ya, kalian juga bisa menggunakan aplikasi BueinRadar, yaitu aplikasi cuaca khusus di Belanda, bahasa yang digunakan juga Bahasa Belanda.

Eh tapi sekarang dari google sudah menyediakan data suhu terkini juga loh.



4. 9292

Untuk berpergian di daerah Belanda, kalian juga harus punya aplikasi ini loh, 9292! Aplikasi ini akan menyediakan informasi tentang jadwal keberangkatan dan kedatangan kereta dan bus. Supaya tidak ketinggalan bus atau kereta pastikan kalian punya aplikasi ini. Kalau kamu tidak bisa mendownload sebenarnya menggunakan google maps pun bisa juga.


sudah diterjemahkan oleh google

5. NS ReisPlanner

Nyaris serupa dengan aplikasi 9292, NS Reisplanner juga merupakan aplikasi yang digunakan untuk mengetahui jadwal keberangkatan dan kedatangan kendaraan umum di Belanda. Umumnya, saya gunakan ini untuk mengetahui jadwal kereta saja dan untuk mencetak e-ticket kereta di ponsel. Oh ya, karena sistem tapping sangat disarankan buat teman-teman yang membeli tiket kereta pergroup untuk mencetak tiketnya di kertas maupun memiliki dalam versi e-ticket.


6. Aldita

Aplikasi Aldita merupakan aplikasi lapor diri dan pendataan seluruh WNI yang ada di Belanda. Di aplikasi ini akan tertera nama, berapa lama kalian di Belanda, berapa lama lagi kalian akan meninggalkan Belanda, masa berlaku paspor dll. 

7. ABN Amro/ Aplikasi Bank

Mau transaksi yang mudah tanpa harus ke ATM? Kalian mesti memiliki bank mobile. Karena saya menggunakan ABN Amro, maka saya pun mendownload aplikasi ABN Amro mobile. 


8. Aplikasi yang berhubungan dengan Kampus/Uni

Dikampus saya, biasanya untuk mengetahui informasi perubahan kelas dan list materi yang diberikan bisa menggunakan aplikasi blackboard WUR.

Untuk aplikasi lainnya kalian juga bisa mendownload WURpp dan WUR W'App, sebenarnya dua aplikasi ini saya tidak download, karena saya lebih senang mengakses informasi lewat website berhubung juga kapasitas ponsel yang lemah dan tua. Namun dari beberapa informasi, aplikasi ini sangat bermanfaat untuk mengumpulkan tugas, mengetahui informasi di WURShop, dll. 


Mungkin itu saya beberapa aplikasi yang kiranya bermanfaat dan bisa kalian download juga untuk kebutuhan kalian selama di Belanda. Selamat datang tahun baru perkuliahan. Semangat buat teman-teman second year, Sukses buat teman-teman 2016 yang sudah selesai kuliahnya. Kita semua pasti bisa sukses!!!


Salam,

Isti x @studyappetizer!

No comments:

Post a Comment