RandomTravel: Ladang Bunga Lisse dan Taman Bunga Keukenhof

Ke Belanda musim semi? Nampaknya Keukenhof maupun Lisse akan menjadi destinasi tujuan para turis maupun warga asli Belanda. Saya pun tidak ingin melewatkan kesempatan ini, dengan menghubungi beberapa teman akhirnya kami berempat pun merencanakan untuk pergi ke taman bunga terbesar di dunia ini.

Rute

Nah bagi teman-teman yang berencana ke Lisse atau Keukenhof, maka kalian harus tahu dulu rute mana yang akan kalian lalui. Untuk jalur kereta, pastikan kamu turun di Schipol, ini adalah rute terdekat sih menurut saya pribadi, tapi bisa juga turun di stasiun Leiden dan Harleem (Info lengkap baca disini : how to get Keukenhof).

Untuk yang turun di Stasiun Schipol kalian tinggal keluar stasiun dan akan menemukan beberapa petunjuk tentang Keukenhof. Nah, menuju Keukenhof sendiri menempuh perjalanan sekitar 30 menit dengan bus nomor 858.

Setelah kalian akan turun di Keukenhof. Saya dan teman-teman tiba sekitar pukul 10.20 pagi. Kami tidak langsung masuk ke area Keukenhof. Rencana tujuan awal adalah Lisse.

Lisse

Lisse merupakan lokasi ladang warga yang sangat indah untuk dikunjungi. Untuk mencapai Lisse kalian bisa menyewa sepeda yang masih berada di lokasi Keukenhof. Untuk biaya penyewaan sendiri saya merogoh kocek sebesar 10euro dan bisa digunakan sampai pukul 7 malam. Kalian bisa melakukan reservasi juga loh. Info lengkapnya ke Rental Bike Keukenhof

Ada beberapa rute yang bisa dijelajahi. Nah karena saya dan teman-teman maunya jangan berlama-lama di Lisse kami pun mengambil rute 4 yang merupakan rute lumayan bisa terjangkau.

Selama perjalanan, kami benar-benar dimanjakan dengan ladang-ladang bunga warga yang berwarna warni. Kalau biasanya di Indonesia, pemandangan hijau persawahan yang indah, kali ini corak beragam warna bunga yang mendominasi.
Ke Lisse sendiri kalian cuma bermodalkan sewa sepeda dan tenaga. YUP! pemandangan yang kalian nikmati ini gratis loh. Eitsss, tapi yang harus dipatuhi adalah ada beberapa ladang yang tidak terbuka oleh umum. Jadi para pengunjung cuma bisa mengambil gambar dari luar dan tidak boleh masuk ke tengah-tengah ladang.
Ini beberapa foto pemandangan yang saya abadikan.

Keukenhof

Setelah puas dengan pemandangan Lisse, selanjutnya kami balik menuju Keukenhof. Sebelum masuk area taman, tentunya kami telah membeli tiket online. Pastikan kamu sudah memprint tiketnya karena nanti akan di scanner check. Jangan lupa beli tiketnya dulu di Keukenhof Ticket

Keukenhof sendiri merupakan taman bunga seluas 32 hektar. Nah di Keukenhof ada beragam jenis bungan yang kalian bisa temukan tentunya dengan informasi yang tertera jelas. Selain itu, kalian juga bisa memasuki gedung-gedung dengan tampilan dan konsep yang berbeda. Contohnya, saya masuk ke gedung dengan beragam bunga bahkan terlihat seperti pasar bunga hehehe.
Gedung kedua yang saya masuki adalah gedung dengan konsep dekorasi bunga, seperti untuk konsep pernikahan. Di Keukenhof sendiri ada juga area bermain untuk anak-anak dan labirin yang menjadi spot untuk bermain bersama keluarga.

Akhirnya tidak terasa pukul 5 sore, saya dan teman-teman pun menutuskan untuk pulang.
Oh ya, menurut saya pribadi, saya lebih menikmati Lisse karena di Keukenhof begitu padat dan susah mendapatkan spot untuk berfoto yang bagus.

Tips

1. Jika Lisse adalah salah tujuanmu, alangkah lebih baiknya jika kamu ke Lisse dulu sebelum ke Keukenhof. Pada saat saya meminjam sepeda pukul nyaris pukul 11, kalian tidak menunggu terlalu lama. Nah ketika saya hendak mengembalikan sepeda pukul 14.00, antriannya begitu panjang dan stok sepeda yang tersedia pun menipis. Ingat: sewa sepeda 10e sampai jam 7 malam jadi wajar orang bisa menggunakan sampai puas.
  2. Bawa bekal dan minuman. Perjalanan mengelilingi ladang warga tentunya akan menguras energi. Siapkan bekal baik makanan berat maupun cemilan. Akan sangat susah menemukan warung dipinggir jalan.
  3. Pakai sunblock. Berhubung karena sekarang musim semi, maka mataharinya mulai menghangat. Pastikan kalian menggunakan sunblock supaya kulit kalian tidak terbakar.
  4. Pakai baju berwarna cerah! Ini penting buat feed ig yang keren. (menurut pandangan sendiri sih hehehe).
Ya udah makasih banyak sudah membaca blog saya.