#RandomTalk : Kingsday, seluruh Rakyat Merayakannya!

Mungkin ini adalah hal menarik lainnya yang saya temukan di Belanda. Tinggal selama beberapa bulan disini benar-benar memberikan pengalaman baru bagi saya. Bagaimana orang Belanda berinteraksi terhadap orang lain, bagaimana budaya yang ada, bahkan sistem pendidikannya. 

Nah, saat ini saya mau membahas tentang King's day!

Apa itu King's day?

Tepat tanggal 27 April 2018, saya tidak ingin melewatkan acara Koningsdag yang merupakan hari libur nasional di Belanda. Hari tersebut merupakan hari ulang tahun raja. Namun masih banyak warga yang sering kali menyebut sebagai Queen's Day?
Kenapa????
Melihat dari silsilah kerajaan di Belanda, jadi sejak tahun 1885 hingga 2013, yang memimpin kerajaan Belanda adalah para Ratu. Mulai dari Ratu Wilhelmina (1885-1948), saat itu sang Raja William III mulai merayakan ulang tahun kelima Ratu Wilhelmina ditahun 1885. Sejak saat itu, setiap hari ulang tahun sang ratu dijadikan sebagai perayaan tahunan dan liburan nasional. Kemudian, tahta pun di turunkan ke Ratu Juliana sejak tahun 1948 hingga 1980. Sedikit berbeda dengan Ratu-Ratu sebelumnya, Ratu Beatrix sebagai ratu ketiga tidak merayakan Queen's day pada hari ulang tahunnya di tanggal 31 Januari. Beliau memilih tanggal 30 April sekaligus memberi penghormatan kepada mendiang sang Ibu. Selain itu, tanggal 31 Januari masih memasuki musim dingin yang sangat tidak memungkinkan bagi masyarakat untuk melakukan aktifitas perayaan diluar.
Dan pada tanggal 30 April 2013, Ratu Beatrix mengumumkan bahwa tahtanya akan diberikan pada Raja Willem-Alexander, dengan dengan demikian tahta yang selama 123 tahun dipegang oleh Ratu untuk pertama kalinya akan di pimpin oleh seorang Raja. Selain itu, penanggalan untuk King's day pun berubah menjadi 27 April. Nah untuk tahun 2018, Raja Willem-Alexander diagendakan mengunjungi Groningen diperayaan King's Day.

Kegiatan di King's Day

Karena King's Day merupakan hari libur, maka hari tersebut menjadi kesempatan untuk masyarakat Belanda dan turis untuk merayakan bersama-sama hari ulang tahun sang Raja. Ada beberapa aktifitas yang saya temukan. Oh ya, pada hari tersebut saya dan teman-teman mengunjungi Amsterdam. Tapiii, sebelum itu kami menyempatkan untuk menonton Avengers: Infinity War. 

Flea Market
Dalam bahasa Belandanya vrijmarkt free market, artinya pasar gratis. Kenapa gratis? 
Jadi, para warga bisa menjual barang-barang mereka tanpa membayar pajak apapun. Tapi sayangnya, ketika King's Day ini saya tidak menemukan Flea Market.

Mengenakan Pakaian dan Kostum Orange
Hal yang paling mencolok dari perayaan King's Day adalah nuansa orange. Orange adalah warna nasional dinegara kincir angin ini. Saya juga ternyata pakai jilbab sedikit orange hehehe.







Festival Musik
Selain itu, dentuman lagu dan musik mengaung di beberapa sudut kota. Contohnya ketika saya baru saja keluar dari Stasiun Amsterdam, musik yang cukup keras pun terdengar dari atas panggung-panggung kecil yang dihias dengan warna orange yang dominan.





Video ke :





No comments:

Post a Comment