#RandomTips: Sharing tentang Foto

Hoi Hoi...
Sebelum membaca lebih lanjut tentang postingan ini, saya ingin memastikan kepada siapapun yang membaca bahwa saya bukan fotografer, saya cuma senang mengabadikan momen saja. Nah, beberapa teman tanya bagaimana cara saya "mengabadikan gambar", makanya saya akan tulis di sini. Ini sharing saja,  karena saya bukan fotografer, tentunya foto-foto saya pun masih banyak kekurangannya. Oke lanjut yaa!


Object adalah Kamu

Ini sebenarnya yang selalu saya rasakan. Jadi, bagi saya ketika saya sedang memoto seseorang maka saya menempatkan bahwa saya sedang memoto diri saya sendiri. Sehingga saya kadang terkesan agak rewel, bagi beberapa teman sudah paham. Teman-teman yang pernah saya foto pasti tahu, kadang khususnya yang berjilbab saya memastikan bahwa:
  1. Jilbab mereka rapih
  2. Tidak ada lekukan yang terlihat
  3. Baju mereka rapi
  4. Bahkan lipatan rok pun harus jangan membentuk kaki/paha mereka.
Ini semua saya lakukan, karena saya tidak senang ketika saya difoto ternyata kondisi penampilan saya sendiri tidak sesuai yang saya inginkan dalam hal ini kerapihan.

Tali sepatu yang terlepas
Baju yang tidak rapi



Pastikan Fokusnya Dimana

Sebenarnya karena kamera saya cuma mirrorless dan setting-an autofocus kadang amat susah mengatur fokusnya, kadang malah backgroundnya yang kefokus. Saya sudah bilangkan bahwa saya bukan fotografer, bahkan atur iso dll saya tidak tahu. Ini serius. Jadi, saya harus pastikan dulu mana fokusnya, untuk teman-teman yang tahu saya, saya biasa foto teman satu pose bisa sampe tiga kali bahkan lebih kalau fokusnya tida dapat.
Nah, ketika fotonya tidak fokus dan saya suka gambarnya, biasanya sebelum saya posting, saya akan pakai filter grain dan sedikit faded supaya tidak terlalu kentara (saya jelaskan di postingan bagian bawah).



Garis Batas Background

Hmmm, saya bingung kayak judul apa untuk bagian ini. Tapi gini, saya biasanya akan mengambil gambar seseorang itu dengan garis background berada di bawah bahu atau kadang pas di dada. Agak susah yaa jelaskannya. Jadi gini, saya sengaja mengambil dengan cara seperti ini karena kadang beberapa teman akan mengedit foto sebelum diposting, bahkan kadang d crop kan? Nah saya hanya ingin memastikan bahwa bagian yang ingin mereka ambil adalah background yang benar-benar jadi moment dimana mereka berada, bukan background tanah atau aspal. Garis merah adalah garis batas yang saya maksud yaaa.




Bandingkan dengan foto berikutnya




Tapi, terkadang tergantung juga mana yang kamu mau jadikan sebagai backgroundnya. Contohnya seperti foto dibawah ini, saya ingin bunga-bunga menjadi latar belakangnya.



Pastikan Tidak Ada yang Menghalangi Wajah si Object

Tentunya yang difoto ingin wajah mereka yang menjadi fokusnya. so, ketika teman-teman mengambil gambar seseorang dengan konsep ala-ala framming blurry (apa yaa namanya), pastikan bagian yang mau diblurry atau yang berada disekitar wajah objeknya tidak menghalangi.

bayangan menutupi wajah, jadi terkesan belang

ada beberapa ilalang yang menghalangi wajah

harusnya seperti ini guys

Kalau Hasil Kurang Cerah, Edit Aja!

Saya juga mau sharing nih sama teman-teman, saya kadang-kadang mengedit foto-foto sebelum saya posting. Adapun aplikasinya antara lain:

VSCO
Ini adalah aplikasi yang saya sudah pakai sekitar 4-5 tahun terakhir. Mulai dari pakai yang filter dasar sampai akhirnya beli yang fullpack. Buat teman-teman yang agak malas edit exposure, contrast, dll bisa pilih VSCO saja karena banyak sekali pilihan filternya.

before

after



SnapSeed
Yang ini dulunya saya gunakan untuk bikin tulisan-tulisan begitu difoto, lama-lama saya senang karena filternya amat sangat sedikit sehingga kita bisa berkreasi mau edit seperti apa. Dan harus sabar sih pakai ini. Selain itu, menurut saya VSCO memang lebih tajam untuk kontrasnya sedangkan SnapSeed kita bisa atur sendiri kontrasnya dan lebih lembut dari pada VSCO.

before

After



Lightroom
Walau saya sudah menghapus aplikasi ini karena memori hape saya penuh, saya juga sempat jatuh cinta sama aplikasi ini karena saya sedang suka editing soft dan hasil dari edit foto pakai ini soft sekali.
before
after
*maaf karena aplikasinya saya sudah hapus jadi saya tidak bisa screenshootkan

Jika Fotonya Blurry, Edit Aja!

Terkadang saya mengambil gambar yang sedikit blur dan tidak jelas, sehingga kadang saya mengakalinya dengan mengedit menggunakan filter black and white, grain, dan fade. Nah, ini contoh beberapa gambar yang saya edit dengan filter tersebut.
 



Tambahan...

Kualitas dan hasil foto sebenarnya tidak bergantung dengan jenis kamera kok, ini hanya memotivasi aja sih sebenarnya. Karena beberapa foto teman-teman saya pun terlihat bagus meskipun diambil dengan kamera hape (bukan iphone kelas atas yaak).



*tiga foto diatas diambil menggunakan hape samsung J5



 *diambil menggunakan hape samsung A5 2017 instagram Raissa Rustandi

 *diambil menggunakan iphone 5c Instagram Miftahul Jannah

*diambil menggunakan hape Sony xperia Instagram Hafni Dirgahayu Majid

Sekian dulu dan semoga bermanfaat. Maaf kalo banyak salah-salahnya, maklum amatiran.


Salam,

ishariatiz x studyappetizer

No comments:

Post a Comment