BANK SAMPAH ITU APA SIH?

Assalamu'alaikum.
Hai semua kawula muda mudi yang baru pulang tarawehan, semangatkan? Masih dong, baru hari pertama puasa loh!!!
Pada kesempatan ini, balik lagi dengan saya sebagai satu-satunya penulis di blog ini, yah sudah jelaslah karena kehidupan saya saat ini tidak terbagi dua masih manunggal dengan diri sendiri. 
Nah, malam ini untuk menemani kawula muda yang sedang leyeh-leyeh nikmati es buah yang belum sempat habis setelah maghriban, saya akan share sedikit nih. Namun, kali ini bukan tentang menu buka puasa atau lokasi strategis khusus buat para PPT aka Para Pemburu Takjil.



BANK SAMPAH!


Itu topik malam ini, semoga saja menarik dan asyik di simak oleh pembaca sekalian. 
Jadi, apa sih itu BANK SAMPAH?
Kalian yang pernah ke Bank? Kalau pernah hayooo ngapain inti orang ke Bank? (Selain pengajuan peminjaman dana untuk usaha, nyari kerja dan nyari rumah KPR, loh yaaa!!!)
Yap, tentu saja orang ke bank itu buat N.A.B.U.N.G. Sama dengan prinsip Bank Sampah, guys. Jadi, kita menabung pada lembaga/organisasi/kelompok/grup/komunitas yang menyediakan jasa menabung sampah.

Terus terang awalnya saya dengan bank sampah itu kayak gini, "What? Sampah di tabung? Buat apa?"
Tapi seiring dengan berjalannya waktu saya pun memahami tentang Bank Sampah. Tsaaah!

Ada beberapa sisi positif loh dari gerakan nabung sampah ini loh teman-teman sekalian. Hayooo apa, hayooo. Sini, anteng depan layar baca baik-baik, guys. 
  1. Yang paling penting itu mengajarkan kita secara tidak langsung untuk memilah sampah khususnya non-organik. Rata-rata bank sampah menerima sampah an-organik seperti botol plastik, gelas plastik, kertas, kardus, strerofoam, dan lain-lain. Sehingga hal ini secara tanpa kita sadari menjadi suatu hal postif loh. Bank sampah pada umumnya menerima sampah kita yang telah dipilah dulu, sehingga mempermudah mereka untuk pendataan berat sampah tiap jenisnya.
  2. Menghargai bahwa sampah juga memiliki nilai ekonomis. Haha, anak kos mana angkat tangannya hayooo. Saya waktu kuliah ikut sebagai anggota Bank Sampah juga dan tiap seminggu sekali nabung di Bank Sampah terutama pas akhir-akhir kuliah banyak sampah dari kertas skripsi penuh kenangan dan coretan dari dosen. Kan itu terbuang bukan? Mungkin bagi rekan-rekan yang menggunakan sebagai kertas cakaran atau note sih oke, mereka tidak menjadikannya limbah. Nah, buat yang malas mau pakai kertas bekas gimana? Ayok kumpulkan, ikat yang rapi, bawa ke bank sampah, dan tentu setelah ditimbang akan dikalkukasikan dalam bentuk nominal rupiah. Duit loh, lumayan buat beli nasi kucing kalau di Jogja hehe. 
  3. Sabar! Eitsss, sistem Bank Sampah tidak seperti kita menyetor sampah ke pengepul loh, guys! Jadi ada waktu tertentu kita bisa memperoleh duit dari hasil sampah kita. Untuk di Bank Sampah yang berada di kampus saya IST AKPRIND, sistemnya pertiga bulan sekali menerima uang. Dan lumayan lah, beda kalau langsung terima duit sedikit-sedikit dengan terima sekaligus lama-lama menjadi bukit, lumayan awalnya mau makan nasi kucing eh bisa melipir ke sego singo. Uhuy!!!

Oh yaa, sebenarnya ada beberapa jenis Bank Sampah guys, kalau dikampusku sistem syariah jadi hasil sampah kita tidak 100%, ada beberapa persen disalurkan untuk kegiatan sosial misal pada saat Ramadhan, HUT Bank Sampah Syariah, dll. Lalu, ada juga jenis Bank Sampah yang tidak menukar uang namun diganti dengan bahan-bahan sembako gula, tepung, kecap dan lain-lain yang nilainya setara dengan hasil sampah kita. Daaaan, ada nih yang kece badai cetar membahana hasil dari sampah yang kita setor bisa diganti dengan Asuransi Kesehatan, gagasan ini berasal dari dr. Gamal Albinsaid. Dokter berwajah Arab ini pernah bertemu dengan Pangeran Charles tahun 2014, waah kece badai yaaah!!! Tentunya ketemu bukan buat say hello namun dia ke sana buat menerima penghargaan dalam bidang SUSTAINABLE LIVING YOUNG ENTREPRENEURS, nah ini semua berkat KAS alias Klinik Asuransi Sampah yang didirikannya di Malang, arek Malang ayo pada nabung sampah supaya dapat asuransi kesehatan!!!

Oke cukup sekian guys tentang Bank Sampahnya. Semoga bermanfaat dan paham tentang Bank Sampah. 
Buat teman-teman di Jogja yang bingung mau nabung sampah dimana? Silahkan ke Kampus III IST AKPRIND Jl. Bima Sakti yaa pas sampingan dengan BLH. Untuk lebih jelasnya lihat poster di bawah ini. Sekalian kalian akan turut serta menyukseskan #GerakanBebasSampah2020, bisa juga ke instagramnya kak ig : @bss_istakprind 
atau 
melipir ke blognya http://banksampahsyariah.blogspot.co.id/

Wassalamu'alaikum, salam sukses untuk kita semua.



Komentar

BACA JUGA