KP Riwayatmu Kini

Sudah sebulan berlalu seharusnya saya mengerjakan yang namanya KP, eh proposal KP. Tapi sampai sekarang belum berani maju kejurusan padahal udah jadi siap untuk mendapat komentar pedas-pedas dari dosen-dosen. 
Hiyaah nasib. 
Apa itu KP? Beberapa kampus atau akademik menggunakan istilah lain. KP adalah Kerja Praktek, kalau di kampus lain mungkin KL alias Kerja Lapangan atau Magang.
Sedikit bercerita tentang KPku, saya berencana untuk mengambil tentang Analisis Kualitas Udara di Lingkungan Pertambangan Nikel PT ANTAM Tbk. Kenapa ingin itu? Mari dengarkan kujabarkan satu per satu.

Sebenarnya banyak yang bisa dijadikan judul KP, misalnya 
- Pengolahan Limbah Cair/Padat/B3 di Industri Blahblahblah
- Evaluasi Sistem IPAL PT Blahblahblah
- Study K3/Sistem Jaringan dan Distribusi di PT Blahblahblah
- Penerapan Produksi Bersih di PT blahblahblah
- Analisis Kualitas air/udara/tanah di PT blahblahblah
- dll

Jadi...
ANTAM? Hellow, dunia pertambangan tentu kenal perusahaan ini. Termasuk perusahaan pemerintah yang berbagi hasil dengan rakyat. Nah, lokasi yang ingin saya tuju adalah PT ANTAM Tbk. cabang Pomalaa. asalan masuk akalnya karena itu di Sulawesi Tenggara, kampung saya lahir. Dan perjalanan Kendari - Pomalaa sekitar lima jaman dengan mobil angkutan dalam provinsi.


Selama perjuangan pembuatan proposal KP yang sampai saat ini belum berani maju di meja dosen, saya selalu diteror oleh seseorang. Tidak bukan dan tidak lain adalah ummi saya, my mother so much.
Selama sebulan sudah seperti minum obat saja, seminggu dua hingga tiga kali menelpon. Menanyakan kabar, alhamdulillah tanyakan isi dompet, ingatkan ibadah, tanyakan bagaimana kuliahnya, dan terakhir menanyakan bagaimana soal KP.
Hiyaah, dengan malu-malu kucing dan gelagapan plus cengengesan saya pun hanya bisa menjawab, "Iya Mi. Lagi proses hehehe."
Tidak ada unsur kebohongan, emang lagi proses kok. Dan Ummi tidak akan berhenti sampai di situ selalu menjawab, "Cepat-cepat diurus biar bisa cepat kamu dapat tempat magang. Teman-temanmu siapa saja sudah siap KP?"
Jujur di antara teman-teman baru dua orang siap KP, pertama Corry Serong dari Papua Barat yang mengambil lokasi KP di Freeport dan Yeyen dari Bangka yang mengambil KP di PT. Timah.
Wah, tempat KP mereka keren-keren, jadi menciut nyali sampai sekarang belum maju ke meja dosen nih proposal.
Oh ya, ada satu orang teman saya namanya Kurnia biasa di panggil Kukur, dia masih trauma untuk menelpon perusahaan. Sebabnya sih simpel, pernah ditolak. Hrai itu dengan berbekal pulsa banyak dia pun menelpon, lupa apa namanya WC dan perusahaan apa itu ya? IF kali. Nah, berakhir dengan penolakan tragis.
Kira-kira beginilah percakapannya (Kalau ada yang kurang dan lebih maaf yah)
"Selamat Siang."
"Halo, selamat siang mbak."
"Ada yang bisa dibantu?"
"Mbak, untuk magang di blahblahblah itu prosesnya bagaimana ya?"
"Oh maaf kami tidak membuka magang." Tut...tut....tut....
Telepon dimatikan tanpa babibu.

Nah sejak itu dia tidak berani untuk menelpon ke perusahaan mana pun. Memang teman saya aneh traumanya, tapi biarlah dari pada dia gila di kampus. Temen-temen saya memang rada-rada aneh semua, punya trauma atau phobia dan holic-holic yang gila-gila. 
Ada yang lelephobia, blackholic, rajutaholic, dan ada temen saya yang phobia dengan saya kadang-kadang. Namanya Tifani, katanya saya aneh dan autis, terkadang sempat melayang juga kata-kata "cil cil cil" bukan kancil untuk saya. Dan sekarang nama itu menjadi booming bagi dunianya. -_-

Akhirukalam, 
Doakan saya dapat Kerja Praktek ya bulan delapan-sembilan.
Salam, Mahamurid!

No comments:

Post a Comment