Radikal Bebas aka Cinta Ok.H.Oz

Hi,
Kemarin itu saya belajar tentang TPPI (dilarang bertanya kepanjangan dari apa itu). Nah, kelompok saya presentase about Ozonation in Indonesia Ozonasi, but karena i'm rada-rada stupid, waktu cari materinya i used key word "ozonisation" so yang keluar itu materi ionisasi kabeh!
Okey, lupakan dulu tentang semua itu, berhubung judul diatas adalah Radikal bebas or free Radikal (apa yaa bahasa Englishnya?)
Menurut Wikipedia Radikal Bebas itu ini loh


Radikal bebas adalah molekul yang kehilangan satu buah elektron dari pasangan elektron bebasnya, atau merupakan hasil pemisahan homolitik suatu ikatan kovalen. Akibat pemecahan homolitik, suatu molekul akan terpecah menjadi radikal bebas yang mempunyai elektron tak berpasangan. Elektron memerlukan pasangan untuk menyeimbangkan nilai spinnya, sehingga molekul radikal menjadi tidak stabil dan mudah sekali bereaksi dengan molekul lain, membentuk radikal baru. Radikal bebas dapat dihasilkan dari hasil metabolisme tubuh dan faktor eksternal seperti asap rokok, hasil penyinaran ultra violet, zat pemicu radikal dalam makanan dan polutan lain. Penyakit yang disebabkan oleh radikal bebas bersifat kronis, yaitu dibutuhkan waktu bertahun-tahun untuk penyakit tersebut menjadi nyata. Contoh penyakit yang sering dihubungkan dengan radikal bebas adalah serangan jantung, kanker, katarak dan menurunnya fungsi ginjal. Untuk mencegah atau mengurangi penyakit kronis karena radikal bebas diperlukan antioksidan.

Ribet yaa bahasanya -__-'
Nah, untuk ringanya sini ane jelasin yang gampang.
Menurut teman saya si Tifani Diah Nisa : Radikal bebas itu, senyawa yang satu tangannya itu kosong. Jadi, dia bisa nyeret-nyeret senyawa lain.
Ngerti gak teman-teman?
Kata dosen saya : Radikal bebas itu sifatnya tidak stabil alias labil alias ababil, jadi dia mencari cara supaya dia bisa stabil. Nah, caranya itu dengan mencari pengisi tangannya. 
Misalnya kayak orang lagi jln di besi kecil yang melintang, tidak cukup tangan kanan dari orang tersebut (Radikal) dipengan supaya seimbang, so harus ada orang lain yang memegang tangan si Radikal juga. Nah, seperti itu Radikal prisipnya.
Eh, tau gak sih. Ibu-ibu itu kadang jarang jajan (ngemil/belanja makanan) dari luar karena takut sama radikal bebas. Padahal, radikal bebas itu bukan dari makanan yg cepat saji, atau makanan olahan dluar dapur kita loh. Radikal bebas bisa saja menghuni rumah kita. Contohnya itu minyak goreng, ibu-ibu tau gak, minyak goreng yang dipake berkali-kali bahkan sampe menghitam itu akan terbentuk radikal bebas apalagi dengan pemanasan berulang-ulang. Lanjut ke bapak-bapak, rokok juga loh pak. Inget anak inget istri, ingat kesehatan juga pak.
Kenapa radikal bebas bisa berpengaruh pada kesehatan.
Saya mengutip dari diskusi yang terjadi dikelas saja yaa..
Jadi, salah satu target si Radikal bebas adalah sistem pernapasan lebih tepatnya hemoglobin.
Analogikan seperti ini yaa
Hemoglobin adalah pria
Oksigen adalah cewek baik
Ozon (O3) adalah radikal bebas.
Kita tau bersama kalo Hemoglobin tuh membutuhkan oksigen, pokoknya hemoglobin itu cinta ma oksigen. Tapi tiba-tiba ozon datang, padahal tempat asli ozon bukan di bumi daratan tapi di atmosfer dengan ketinggian 12-30 mil diatas permukaan bumi. Tugasnya bukan untuk ngegaet si Hemoglobin, tapi untuk melindungi bumi. Suatu hari, si ozon nyasar ke bumi, hidupnya gak stabil didunia baru, untuk menstabilkan dia butuh pasangan trus ketemu sama hemoglobin, trus ozon godain hemoglobin, ozon yang jahat ini merangkul dan sangat protektif sama hemoglobin, bahkan di jampi-jampi mungkin si hemoglobinya, sampe-sampe oksigen dicuekin sama hemogblogin, akhirnya hemogblobin menyadari kalau dia memang hanya membutuhkan oksigen, lama-kelamaan dia melemah dan sakit, si ozon jahat ini gak peduli, yang dia tau dia hanya bersama hemoglobin, menempel, solid, tidak terpisahkan. Lama-lama hemoglobin sakit, rusak, dan tdk berfungsi.
Nah, seperti itu ceritanya

Demikian analogi tentang radikal bebas, semoga kita tidak termasuk radikal bebas yang suka gaet-gaet orang (eeh?)
Radikal bebas ini dapat diibaratkan sebagai bentuk simbiosis parasitismee!!!
Ozon itu tidak boleh juga diperangi, tapi kita harus menjaga dia agar tetap dihabitatnya sana, berpacaran didunianya 12-30 mil diatas permukaan bumi.
Okey, jadinya kan enak kalo hidup damai berpasangan.


Komentar

BACA JUGA