Ramadhan, Ngapain yaa???

Assalamu'alaikum Wr Wb.
Untuk post kali ini, bertemakan tentang Ramadhan. 
Alhamdulillah sahabat, kita masih bisa ketemu dengan Ramadhan :)
Nah, kali ini saya akan berbagi apa-apa saja yang akan kita lakukan di bulan Ramadhan. Sehingga bulan Ramadhan bukanlah menjadi bulan yang biasanya orang bermalas-malasan, tapi Ramadhan merupakan bulan gerak. Bergerak semuanya, dari bibir yang senantiasa menbaca Al-Qur'an, tubuh yang melaksanakan kegiatan positif terutama Solat, tangan untuk bersedekah dan bagi akhwat ayoo buat ta'jil, dan buat bersih-bersih rumah :)
cekidot yang masih bingung mau ngapain pas Ramadhan

1. Persiapan untuk Ramadhan
Untuk persiapan Ramadhan ini, kita mulai dari mengingat-ingat kembali utang puasa kemarin jangan sampai ada yang kelupaan. Hmmm khususnya buat akhwat-akhwat biasanya ada siklus bulanannya. Hmm Selain itu, kita juga harus mengetahui tentang keutamaan puasa, apa-apa yang membatalkan puasa, dan amalan dibulan puasa. Nah, supaya pas puasa nanti segala kita bisa menyambut puasa dengan suka cita.


2. I'm ready for Ramadhan
Kita harus siap menyambut datangnya Ramadhan. Ramadhan adalah bulan yang terspesial di tahun Hijriah. Banyak keistimewaan di bulan Ramadhan. So Sambutlah dengan suka cita sahabat. Menyambut datangnya bulan puasa bukan dengan mengadakan pesta atau sejenisnya. Cukup kita sambut dengan bersama-sama dengan keluarga ataupun teman, bisa persiapan mengkaji puasa dll

3. Buat target yuk!!
Nah, buat Ramadhan kali ini lebih indah dari ramadhan sebelumnya kita harus buat target apa yang akan kita lakukan sewaktu Ramadhan ini. Salah satu caranya yaitu kita buat target yang akan dilakukan pada Ramadhan ini. Misalnya, Khatam Al-Qur'an 4x, Hapal 1 Juz, Qiyamul Lail sepanjang Ramadhan, dll... Ingat, target kita jangan cuma ditulis saja, tapi harus kita berusaha melaksanakannya. Allah melihat proses yang dijalani oleh HambaNya. Jika kita bertarget lebih baik, why not untuk melaksanakan target tersebut???

4. Pintar-pintar memfilter apapun yang diterima
Ketika Ramadhan sedang kita jalani, sebaiknya kita senantiasa memfilter apapun yang kita terima. Misalnya nonton gossip, nonton sinetron, nonton pameran, dll. Nah, keasikan dengar gosip dari pada kajian wah kan sayang nilai pahalanya tidak ada pas kita gosip gosipan. Selain itu, kalau kita rajin dengar kajian maka ilmu yang kita dapatkan Insya Allah semakin banyak loh.

5. Maafkan daku.
Apa salahnya kita saling memaafkan satu sama lain di bulan Ramadhan, mumpung Ramadhan kita semakin pererat tali silaturrahim yaa sahabat. Ingat, kita sebagai manusia ini adalah makhluk yang bersosial, ada kalanya kita tidak mampu melaksanakan suatu hal sehingga kita membutuhkan bantuan orang lain. Tapi, sebaiknya jangan bulan Ramadhan saja saling memaafkannya yaa!

6. Tetap jaga semangat
Ketika awal, puasa terkadang kita masih semangat 45. Namun, pertengahan jalan malah loyo-loyo tak semangat. Oleh karena itu, kita harus senantiasa menjaga kesehatan dan semangat kita. Mulai dari sahur kita harus semangat sahabat. Masa awal aja udah loyo loyo royo :(
So, mau puasa semangat, sahur juga semangat

7. Jaga kesehatan
jaga kesehatan, masih ada hubungannya dengan sahur yang kita konsumsi. jadi, ketika sahur usahakan konsumsi yang bergizi. Demikian pula pada aktifitas sehari-hari, kita harus senantiasa jaga kesehatan. Oh yaa, salah satu yang penting itu pas buka puasa. Hati-hati, berbukanya jangan terlalu semangat menghabiskan hidangan. Akibatnya, kalau bukan sakit perut yaa ketiduran. Kan jadinya rugi tarawehannya

8. Bersih-Bersih
Yap. Ini salah satunya kawan... Kita harus bersih bersih mulai dari bersih diri, pakaian, hingga rumah kita. Kan kalau bersih sedap dilihat. Hmmm misalnya jilbab solat. Pakailah yang bersih dan baik. Bukan berarti mahal loh...
Selain itu, kita bersih-bersih diri juga dan bersihin rumah, apa lagi mau lebaran yuuhuuu :)

9. Ta'jil
Oh yaa, salah satu keutamaan Ramadhan yaitu bagi orang-orang yang menyediakan buka puasa bagi orang yang berpuasa. Nah, buat akhwat-akhwatnya, ayo bantuin mama buat ta'jil yaa... Ntar kalian juga akan menjadi seorang ibu loh :)
 Siapa memberi makan orang yang berpuasa, maka baginya pahala seperti orang yang berpuasa tersebut, tanpa mengurangi pahala orang yang berpuasa itu sedikit pun juga."

10. Berburu Lailatul Qadr
“Lailatul qadr lebih baik daripada 1000 bulan.” (QS. Al-Qadr: 3)"
Nah, lailatul qadr itu biasanya pada akhir bulan Ramadhan. So, mari beramai-ramai bangun malam buat QL ataupun tadarusan. Karena, kita tidak tahu kapan tepatnya Lailatul qadr itu datang. Subhanallah sekali kalau bisa berjumpa dengan LQ yaa... Oya untuk QL ataupun tadarusan bukan hanya di akhir Ramadhan, namun seluruh hari kalau bisa yaa sahabat :)

Sebenarnya masih banyak yang bisa kita lakukan dibulan Ramadhan ini. 
Ayo bersama-sama berjuang berburu pahala dan hadiah dari Allah

(Semua gambar diambil dari blog ka Dhiba : http://komikmuslimah.blogspot.com/ . Makasih yaa kak)
Wassalamu'alaikum

4 comments:

  1. wah tipsnya banyak..
    thanks ya udah mau ngingetin ^^

    mohon maaf lahir bathin :D

    ReplyDelete
  2. iyaa makasih vivi :)
    "Are You Ready For Ramadhan" juga info2 yang penting d bulan ramadhan dlm artikelnya :)

    ReplyDelete
  3. Replies
    1. makasih mbak... sy ngecek blog mbak juga... gambarnya lucu-lucu yang ramadhan 1-10 itu :)

      Delete