Berburu Amalan di Ramadhan Walau . . .

Assalamu'alaikum Wr Wb
Alhamdulillah kita sudah berada digerbang Ramadhan :)
Besok Insya Allah kita semua akan melaksanakan ibadah puasa Ramadhan kawan.
Sebagaimana dijelaskan dalam Al-Qur'an : “Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa.” (Al Baqarah: 183)

Tapi, yang namanya wanita itukan ada siklus bulanannya. Bingung, ingin mengejar amalan-amalan di bulan Puasa tapii???
#garukgarukkepala


Nah, biar gak bingung-bingung ada beberapa amalan yang dapat kawan-kawanku lakukan bagi yang lagi kedapatan siklus bulanan.
Let's CEKIDOT!!!

1. Menyediakan ta'jil
Bagi yang sedang berhalangan bisa membantu membuat atau menyediakan ta'jil bagi keluarga ataupun orang-orang yang sedang melaksanakan ibadah shaum. Menyediakan ta'jil itu merupakan salah satu amalan yang dianjurkan oleh Rasulullah saw., Kenapa dianjurkan????
Didalam amalan menyediakan ta'jil itu mengandung pahala yang besaar dan kebaikan yang berlimpaah loh kawan.
Nah seperi sabda hadits nabi "Siapa memberi makan orang yang berpuasa, maka baginya pahala seperti orang yang berpuasa tersebut, tanpa mengurangi pahala orang yang berpuasa itu sedikitpun juga"  




2. Muroja'ah
Nah, bagi kawan-kawan yang sedang berhalangan apa salahnya waktu senggang kita diisi dengan muroja'ah hapalan surat-surat pendek misalnya. Supaya muroja'ahnya terarah maka sebaiknya ada yang mendengarkan muroja'ah kita.


3. Berdzikir
Sebagai seorang muslimah kita senantiasa selalu mengingat Allah swt., apapun itu kondisinya. Berdzikir ketika kita sedang dalam siklus bulanan merupakan suatu amalan juga.
Seperti hadits nabi : "Tidak ada kaum/seseorang yang berdzikir kepada Allah kecuali mereka dikelilingi oleh malaikat-malaikat, diliputi oleh Rahmat, turun kepada mereka ketentraman, dan Allah menyebut mereka sebagai orang-orang yang disisiNya" (HR Muslim)
Dalam Al-Qur'an juga dijelaskan tentang kita harus berdzikir kepada Allah. Seperti gambar dibawah ini

4. Berdoa
Bulan ramadhan ialah bulan yang paling istimewa diantara bulan-bulan yang lainnya. Nah, ada keutamaan ketika kita berdoa kepada Allah di bulan Ramadhan. Insya Allah doa kita diijabah olehNya (Dengan kehendak Allah tentunya). Nah, kita tidak boleh menyianyiakan kesempatan ini kawan.


5. Menuntut Ilmu
Kawan, dalam hadits dijelaskan bahwa "Menuntut ilmu itu kewajiban bagi setiap umat muslim maupun muslimat". Nah, dengan menuntut ilmu maka akan menambah wawasan kita tentang segala hal, mulai dari agama, sains, teknologi, dll. Nah dari ilmu itu tentunya dapat kita ajarkan juga kepada orang lain (ups!!! Ilmu yang berguna yaa)


6. Merajut Kebaikan
Ingat, pada bulan puasa ini segala amalan yang kita lakukan akan dilipat gandakan oleh Allah swt., so mari gunakan waktu dan tenaga kita untuk menjalankan kebaikan kebaikan kepada orang lain. Bisa sedekah, Bisa menolong ibu dirumah. Membantu orang yang lagi kesusahan. Atapun membantu teman yang lagi dalam masalah kuliah :)


7. Ngajar TPA
Biasanya pada bulan Ramadhan itu akan diadakan pesantren kilat untuk anak-anak yang unyyuuu unyyuuu. Gunakan waktu itu sebagai guru relawan dalam memberantas buta huruf hijaiyah (buka ini yaa) bagi anak-anak usia dini. 


Oke...
Sekian dulu perjuangan jari telunjuk ini (karena saya mengetik hanya menggunakan jari telunjuk kiri dan kanan alias tidak bisa ketik 10 jari)
Semoga bermanfaat :)
Terimakasih Murobbiku mbak Diah Utami yang kasih liqo' masalah puasa minggu kemarin (plus teman-teman liqo' ku). Dan kak Sitti Nur Rahmah, kakak serba bisaku di asrama :)

Selamat menjalankan ibadah puasa yaaa
Wassalam

NB : komiknya dari kak Dhiba. Ayo ke Komik Muslimah...

Komentar

  1. Cukup bermanfaat postingannya...
    -salam blogger-

    BalasHapus
  2. wah, postingan kak dhiba-nya ada 2 buah :D
    rajin yaa! hoho :3

    BalasHapus
  3. makasih :)
    kebetulan pengen buat yang khusus buat "cewek" topiknya :)

    BalasHapus

Posting Komentar

BACA JUGA