Ujian Aku Sukses!!!

Assalamu'alaikum Wr Wb...
Meskipun kampus saya paling telat ujiannya tapi belajar untuk ujian tetap harus semangat!!!
Saya sering membuka twitter mbah derma, walau isinya tentang kegalauan mahasiswa tapi ada beberapa point yang dapat kita ambil.
Mbah derma pernah bilang, UAS berubah menjadi UAP alias Ujian Aku Pasrah...
Nah, sekarang saya mau bikin UAS=UAS atau, Ujian Akhir Semester=Ujian Aku Sukses.
Cekidot untuk tips-tipsnya :)

  1. Selalu memiliki kalender akademik. Dengan kalender akademik setidaknya kalian akan tau kapan kalian akan ujian. Terkadang saking asiknya main kuliah main lagi, kita kebablasan eh tinggal seminggu ujian. Nah, dengan kalender akademik kaian akan tau kapan waktu bermain kapan waktu belajar dan kapan saya akan ujian.
  2. Kita adalah mahasiswa dunia nyata!!! Kuliah itu bukan kayak di FTV! Sekali lagi bukan kayak FTV. Walau terkadang diFTV diperlihatkan kalo kuliah itu, datang ke kampus, tabrakan, buku jatuh, datang telat, sok tenar dikampus, ikut organisasi sampe berjubel-jubel. Bukan itu sodara-sodara sekalian. Kuliah itu, kadang datang telaaat, kadang nunggu dosen sampe bosan, tugas mingguan berjejer, dsb. jadi bawalah hidupmu kedunia nyata sebagai mahasiswa, bukan perkuliahan dunia maya sebagai seorang artis. Dunia nyatamu terkadang akan membawamu ke kesuksesan, apa lagi tugas yang berjejer dan apalagi jika kamu mengerjakannya sendiri. 
  3. Catatan. Semalas-malasnya kamu kuliah,berusahalah memiliki minimal selembar catatan. Catatan ini sangat penting. Tidak dibutuhkan catatan, apa yg disampaikan dosen harus kita catat semua, tapi tulislah point-point penting dan silahkan membrowsing sendiri agar internetanmu tidak cuma buka social network, game, gossip, dll saja. Kalo gak punya modem atau ngenet, pinjam catatan teman kamu, atau ke perpus :), kalo malas nyatat tinggal ke fotokopian. Kalo tidak punya duit silahkan MENCATAT!!!
  4. Malu bertanya lembar jawaban kosong. Eits... Jangan salah paham dulu, bukan maksud minta contekan. Disini maksudnya itu jika ada yang kurang paham tentang materi kuliah apa salahnya bertanya sama dosen, kalo gak berani sama dosen minimal tanyalah seniormu yang mengerti. Kalo tidak berani lagi, tanyalah sama temanmu yang kamu anggap mengerti matakuliah tersebut. KALO kamu masih gak BERANI, tanyalah DIRIMU "Mengapa saya TIDAK BERANI???"
  5. Ayo Nyicil. Bukan barang elektronik saja atau rumah yang bisa dicicil. Matakuliah itu harus dicicil juga. Pencicilannya mulai dari awal kalian mengambil matakuliah itu dan mulai menerimanya pada pertemuan pertama kalian kuliah mata kuliah itu. Kalo dicicil, cicil, cicil, akhirnya kan akan lunas juga kan. Nah, coba bandingkan dengan ngambil rumah KPR, trus sudah 10 bulan gak dibayar, trus ternyata 1 minggu kedepan itu limitnya, kalo tidak dibayar maka akan sia-sia segalanya. Demikian juga ujian, sebelumnya cicillah sebelum sehari ujian itu akan datang :)
  6. 10-15 menit untuk review. Jangan mentang-mentang sudah nyicil kamu jadi gak belajar untuk H-1 sebelum UAS, upayakan membaca catatan, anggap saja sedang membaca novel. Setidaknya kalian bisa mereview kembali pelajaran-pelajaran awal :)
  7. Jangan lupa si "kecil". Maksud dari si "kecil" ialah, barang-barang yang kecil namun sangat dan amat sangat berguna pada saat ujian. Contohnya kartu tanda mahasiswa, kartu ujian, bolpoint, penghapus, penggaris, dll
  8. Basmallah. Ini ketika kalian belajar, atau sedang menghadapi lembar ujian. Sebelum baca soalnya, terlebih dahulu kalian baca basmallah, itu bisa menenangkan pemikiran kalian. Kalo, tenang kan tidak akan grasak grusuk kerjakan soal-soalnya. Yang ada malah terkadang kalo tidak tenang pas baca soal itu malah kalian akan salah memamahami maksud dari soalnya. Oh ya jangan lupa isi identitas nama, nim, jurusan, matkul terlebih dahulu sebelum mengisi jawaban.
  9. To The POINT. Jangan takut soal kamu tercorat-coret, sebelum menjawab soal ada baiknya kamu baca baik-baik soal satu demi satu, terus cari "point" yang ditanyakan dalam soal tersebut, atau tidak sekalian buat "point" jawabannya disamping soal tersebut. Point itu kalian akan kembangkan dilembar jawaban. (Saya sudah buktikan kok. Alhamdulillah MANJUR)
  10. Mandek!!! Nah, permasalahan yang ada ketika ujian sedang ditengah jalan yaitu kalian tiba-tiba tidak tau maksud soal dan tidak tau jawaban soal. Jika hal tersebut terjadi, maka "point" tadi, coba kalian analisis baik-baik, coba mengambil suatu penganalogian. Misalnya saya gak tau maksud dari "bioteknologi", cobalah membagi kata tersebut menjadi bio dan teknologi, dan kalian silahkan memahami makna kedua kata tersebut. Ingat, kalian itu mahasiswa jadi berkreasilah dalam menjawab soal, jadi tidak harus sama betul dengan apa yang disampaikan dosen. Meskipun jawaban tidak sempurna, setidaknya jawaban kalian mengena tentang tema yang ditanyakan. "Jangan mengarang indah diluar tema yang ditanyakan".
  11. Check dulu! Jika soal sudah terisi semua, sebaiknya kamu sempatkan 3-5 menit untuk mengoreksinya kembali. Itu sangat mujarab, karena terkadang ada bagian yang kita lewati. Misal, karena soal nomor 2 panjang sekali, dan nomor 3 pendek sekali, ditambah karena saking asiknya menjawab nomor 2 tadi, eh malah nomor 3 tidak terjawab. So, cek dulu.
  12. Yakin. Yakin kalo yang kalian jawab tadi benar. Jika salah, dan jelas-jelas salah, setidaknya itu dijadikan pembelajaran untuk kedepannya.

Selamat mencoba dan wassalam

Komentar

BACA JUGA