dua belas hikmah dari si mungil "semut"


Assalamu'alaikum
Lupa berat kalo mau ngedit postingan ini :(
Akhirnya akhirnya bisa keposting juga...
Lets READ!!!
Semut itu memang kecil. Tapi guru satu ini mengajarkan kita banyak hal. Si makhluk kecil ini yang selalu hidup bergerombol menunjukkan suatu hubungan di antara mereka yang terjalin erat.
Semut itu masuk kejenis serangga eusosial yang asalnya dari keluarga Formisidae. Nah, selain itu semut ini juga termasuk dalam ordo Himenoptera (sama dengan si lebah and tawon). Ada lebih 12.000 kelompok semut dengan perbandingan jumlah yang besar itu dikawasan tropis. 
Semut ini dikenal dengan koloni dan sarang-sarangnya yang teratur. Oyah... Jenis semut dibagi menjadi semut pekerja, semut pejantan, dan ratu semut. (ribet yaa?? mesti banyak belajar tentang si semut nih :))
Langsung saja kita belajar dari si mungil semut
CEKIDOT :)
  1. Peduli, Si mungil semut ini sangat peka terhadap lingkungan sekitarnya. Terbukti, jika ada teman-teman sesama semutnya sedang kesusahan bawa makanan. Maka dengan tanggap dia akan membantu kawannya itu. Super sekali buka, so jika semut saja bisa peduli terhadap lingkungannya. "Kenapa kita tidak???"
  2. Positif dan Antusias. Di dalam keluarga semut memang ada yang namanya semut pekerja. Jenis semut ini yang akan berusaha mencari makanan untuk keluarga disarang semut. Nah, dalam bekerja semut ini selalu antusias dalam segala usahanya. Tentunya dia juga akan melaksanakan usahanya yang positif. Segala tindakannya bersifat positif demi kelangsungan usaha yang dia kerjakan.
  3. Inisiatif. Dalam segala usaha yang dia kerjakan si semut ini akan menjalankannya berdasarkan motivasi yang kuat untuk senantiasa maju kedepan. Terkadang melaksanakannya tanpa komando, namun hal tersebut tetap ia lakukan selama tidak menyimpang dari kebijakan perusahaan negara semut. "Ratu Semut maksudnya"
  4. Rendah Hati. Selalu bersikap optimis terhadap apa yang dia kerjakan. Namun, keoptimisannya itu tidak menunjukkan bahwa ia sombong. Sekain itu diapun senantiasa saling menghargai satu sama lain.
  5. Kreatif dan inovatif. Memenangkan persaingan dan menjadi leader "contoh" bagi kawan-kawannya. Tentu disini persaingan yang positif.
  6. Disiplin dan Bertanggung Jawab. Terhadap peraturan yang telah ditetapkan semut-semut ini selalu berupaya disiplin dan bertanggung jawab terhadap tugas-tugas mereka masing-masing
  7. Kerjasama. Jarang terlihat ketika semut itu akan membawa makanan untuk kesarangnya dilakukan sendirian. Mungkin sendirian jika cuma secuil saja yang dibawa. Tapi, lihat ketika ada makanan besar mereka akan bergotong royong membawanya.
  8. Produktif dan Menghargai Waktu. Time is "Doing Something". Yap, pernah liat semut berleha-leha ria, jalan-jalan santai, dan sedang nongkrong. Semut selalu menghargai waktunya dengan melakukan hal-hal yang peroduktif. Contohnya yaa bekerja :)
  9. Komitmen dan Tabah. Semut selalu berkomitmen terhadap tugas yang diamanahkan kepadanya. Dia juga tidak pernah mengeluh, "Kenapa saya menjadi semut pekerja???", "Capek ih, Setiap cari makan selalu kami semut pekerja!!!".
  10. Komunikatif. Ini yang kadang kita wajib pelajari. Semut itu, dimanapun bertemu selalu saling menyapa teman-temannya. Berjabat tangan pula dan pasti tersenyum ala semut. Ya iyalah masa jabat tangan dengan muka kecut. Nah, karena komunikasi yang tetap terjaga jadinya kerjasama antar sesama semut senantiasa juga terbina.
  11. Intuisi. Ada pepatah mengatakan "Dimana ada gula disitu ada semut". Jadi, semut ini selalu memahami jika ada peluang segera ia berusaha melaksanakannya. Nah, dengan begitu dia tidak akan melewatkan peluang yang ada.
  12. Pantang Menyerah. Dalam segala upayanya yang dibekali semangat dia akan pantang menyerah sebelum selesai melaksanakan tugas. Dapat pula kita misalkan, jika semut sedang berada dalam kesusahan ia akan berusaha mencari jalan keluarnya. Semut yang terjebak di dalam tanah atau pasir misalnya, akan berusaha mencari kalan keluar :)
Demikian, semoga bermanfaat :)
Wassalam

No comments:

Post a Comment