Dariku Untukmu Bumiku

Assalamu'alaikum
Gambar di ambil dari blog mbak Dhiba Ainisa Umarghanies

Kawan, kemarin hmm minggu lalu maksudnya teman-teman saya dari IMTLI atau Ikatan Mahasiswa Teknik Lingkungan Indonesia habis bikin kegiatan tentang Hari Lingkungan Hidup (:

Ane disini gak bahas tentang kegiatannya kawan, tapi tentang apa yang kita dapat lakukan untuk bumi yang tercinta ini.
Langsung ke TKP yaa (:


1. Berhematlah dalam penggunaan air
"Kenapa kita harus hemat air???" Air itu salah satu kebutuhan primer kita kawan.. Bisa gak kalian banyangin kalo gak ada air. Kita gak mandi. Gak minum. sayuran, baju-baju, dan segalanya gak di cuci. Oh NO!!!!
Pernah gak ngerasain kalo gak minum selama seminggu. Asli pasti dehidrasi kawan.
"Lah, airkan selalu ada. Kan barang renewable ato yang dapat diperbaharui"
Sini sini ane kasih tau kawan... Air emang barang renewable selama siklusnya gak terganggu. Maksud dari siklus air itu kan dari siklus hidrologi, jadi air yang infiltrasi diupayakan lebih besar dari pada air yang dieksploitasi.
"Gak ngerti apaan tu???"
Jadi, supaya kalian lebih ngerti silahkan klik ini (blog dari pecinta lingkungan)

NB : Kurang ngerti silahkan bertanya lagi (:

2. Kurangi menggunakan Kantong "Kresek"
Kantong plastik ato biasa kita sebut kantong kresek itu ternyata untuk terurai di dalam tanah sangat lama kawan. Hmm menurut buku catatanku itu kurang lebih 240 tahun loh. Jadi silahkan dibayangkan saja. Rata-rata umur manusia 60an tahun. Kawan buang plastik 1 biji terurainya selama 240 tahun kedepan. Kasihan anak cucu kita loh, masa mereka yang harus nanggung sampah-sampah plastik dari kita.
Nah trus gimana solusinya???
Yap!!! Solusinya itu kita harus meminimalisir penggunaan kantong kresek. Misalnya kawan-kawan belanja di pasar, beli tomat, sayur, cabe, bawang dll. Nah tempatkan dalam satu kantongan saja, ato gunakan kantungan yang dapat dipakai ulang (:
Selain itu kawan, kalo udah terlanjur kantong plastiknya berjubel-jubel banyaknya di rumah, apa salahnya dilipat rapi-rapi terus dibagiin di pasar-pasar tradisional sekalian beramal dan menghemat untuk beli kantongan lagi. Kawan juga bisa pake lagi deh untuk keperluan laiinya (:

3. Ayo Nanam Pohon
"Nanam??? Ihh... Gak banget deh!!! emangnya kayak petani"
Nah kalo gak ada petani kamu mau makannya apa coba???
Gerakan menanam pohon merupakan salah satu gerakan yang sedang hot-hotnya digencarkan. 
Kenapa harus pohon???
Pohon itu, atau tumbuhan itu pada dasarnya akan melakukan proses fotosintesis dengan bantuan cahaya matahari. Nah, selain itu pohon menyerap Karbondioksida yang dihasilkan oleh manusia dan hewan. Kemudian mereka berfotosistesis jadilah Oksigen yang tiap hari kita butuhkan untuk bernapas (:
Coba deh, kalian berada ditempat gersang tanpa pohon, pasti rasanya panas panas panas!!!!
Coba deh, kalian berada dibawah pohon rindang, waah Subhanallah sejuk pastinya. (Ingat!!! Pohon rindang buka pohon cabe)
Oya selain itu pohon juga akan membantu proses infiltrasi air hujan sehingga masuk ke sistem akuifer di bawah tanah :)
Hmm... Ada beberapa jenis pohon yang dapat menyerap logam-logam berat loh kawan. Untuk lengkapnya biar gak penasaran browsing sendiri

4. Tissue??? Ganti dong!!!
"Kok bawa-bawa tissue???"
Sebelumnya tau gak tissue dari apaan??? cek dulu tissue terbuat dari apa yaa... Pasti kalian tahu kenapa kita harus ganti penggunaan tissue, kalo gak yaa kita harus hemat pake tissue..
Yang lagi flu siapkan sapu tangan yaa (:

5. Listrik!!!
Taukan gerakan Earth 60+???
Yang gak tau gak gaul!!!
Jadi begini sodara sodara sekalian. Kita harus hemat yang namanya dalam penggunaan listrik, karena listrik yang ada saat ini pada dasarnya menggunakan bahan bakar yang terbuat dari fosil-fosil jasad renik dsb. Nah semakin digunakan maka semakin menipis juga persediaanya, karena untuk menjadi bahan bakar butuh waktu yang sangaaaaaaaaaaaaaat panjang. Berjuta juta tahun kawan (:
Nah, kalo ada listrik yang gak dipake ayo dimatikan saja. Hemat tagihannya juga kok

6. Sepedaan dan jalan yuk (:
Dengan bersepeda kita akan mengurangi penggunaan bensin untuk kendaraan bermotor. Udah pernah rasain gimana hebohnya waktu BBM sedang langkah kan???
Nah loh...

Oya, sepeda ato jalan kaki juga bisa mengurangi senyawa-senyawa yang akan merusak membuat gas rumah kaca. Untuk pembahasan gas rumah kaca next time (:
Sepeda dan jalan kaki membuat kita sehat, gak percaya. Saya buktinya naik sepeda or jalan kaki ke kampus. Heheh kampus cuma 1-2 KM aja kok (:

7. Pilah pilih detergent yaa
Nah, bagi ibu-ibu, cewek-cewek ato mas masnya yang nyuci baju sendiri. Harus jeli loh liat kandungan detergent yang ramah lingkungan.
Kenapa???
Karena zat-zat dalam detergent ada yang susah untuk terdegrasasi di dalam tanah. Kasihan loh organismenya harus bekerja ekstra keras untuk mendegradasi zat-zat tersebut, Kalo gak kuat malah mikroorganismenya mati...

8. Pilah dong sampahnya kawan
"Buat apa sampah harus dipilah???"
Buat apa??? Kok nanya??? 
Sampah dipilah itu biar tau mana yang sejenis dan gak sejenis, misalnya sampah organik nah sampah itu bisa dijadikan kompos kawan
Sampah anorganiknya seperti bungkusan permen, sampo, dll bisa dijadiiin sovenir loh. 
Hmm paling penting sampah dari barang-barang beracun berbahaya seperti botol bekas cairan obat nyamu, botol cairan pembersih lantai, battre nah itu harus ditangani secara khusus loh biar gak mencemari lingkungan.

9. Pakai lagi sisi kertasmu (:
Nah, buat yang punya printer dirumah. Kadang kita hanya menggunakan sebelah sisi kertas saja. Coba deh kertas itu dipake kedua sisinya. Untungnya dari lingkungan dapet, dari dompet juga dapat.
Jika masih nanya kenapa harus kertas, maka silahkan cari tentang asal pembuatan kertas.

10. Bikin Biopori (:
Bagi yang rumahnya punya halaman tapi halamannya udah ketutup sama conblock, apasalahnya buat resapan biopori.
"Buat apa???"
Buat jalannya infitrasi air supaya airnya gak jadi runoff semua namun ada juga yang meresap ke dalam tanah. Nah, dengan begitu kan bisa membantu proses daur hidrologi dan setidaknya mencegah genangan air. Selain itu lubang bioporinya bisa diisi dengan sampah organik nantinya akan jadi kompos (:

11. Pilah pilih sebelum membeli
"Maksudnya???"
Dengan memilah barang-barang sebelum membeli untuk kita gunakan, kita tahu jadinya mana barang-barang yang hemat dan ramah lingkungan.
"Contohnya"
Contohnya adalah lampu. Pilihlah lampu yang hemat energi, terus dalam penggunaan kulkas sebaiknya pilih kulkas yang tidak berCFC.

12. Jangan berhenti mencari Informasi sebanyak-banyaknya lagi tentang upaya penyelamatan lingkungan

Sekian dulu kawan, nanti akan ditambah lagi
Wassalam 

Komentar

BACA JUGA