Dariku "6-Re" untukmu Bumiku

Assalamu'alaikum
Kawan :)
Salam lestari buat kita semua...
Sekarang saya ingin berbagi informasi dari beberapa sumber yang akhirnya ditampung menjadi suatu pembahasan tentang Dariku "6-Re" untukmu Bumiku.
Oya, tulisan saya ini bersumber dari matakuliah yang diberikan dosen-dosen serta link-link super seperti ini dan itu ( Silahkan diklik yaa )

Oke, langsung saja kawan kita akan membahas tentang Dariku "6-Re" untukmu Bumiku

1. Reduce
Reduce itu sendiri berarti mengurangi. Pertanyaanya, "Apa yang mau dikurangi???"
YapYapYap... Yang kita harus kurangi ialah volume sampah. Coba hitung saja kawan, sehari kita bisa menghasilkan sampah kira-kira 1,5-2,5 L/orang/hari. Kalo sampah tersebut tidak dikelolah, maka bayangkanlah kita akan tidur, makan, mandi, belajar, bersama sampah.
Hidup dengan sampah itu tidak enak. So, kreatiflah mengolah dan mengurangi volume sampah.
Selain itu kawan, kira harus mengurangi penggunaan listrik jika tidak dibutuhkan lagi dan mengurangi penggunaan air yang sia-sia. Tanya mengapa silahkan baca ini yaa :)


2. Reuse
Reuse adalah menggunakan kembali. Nah, disini kita ditekankan untuk menggunakan kembali barang-barang yang masih layak untuk digunakan. Misalnya, baju bekas yang tidak cukup, bisa disumbangkan ke yang membutuhkan. Selain itu, contoh reuse adalah menggunakan kembali kantong plastik yang masih bagus dan layak digunakan. Nah, makanya kalo habis belanja yang terpaksa memakan banyak kantong plastik, maka kantongannya jangan langsung dibuang tapi dilipat dan disimpan. Kan enak sewaktu-waktu mau dibutuhkan tidak panik kiri kanan cari kantongan (:, sekalian hemat cost buat kantong plastik, sekalian sayang bumi juga.

3. Recycle
Recycle atau mendaur ulang, yaitu bagaiman kita mendaur ulang atau mengelolah, mensiasati suatu barang yang sehingga menjadi barang lainya. Yaa kira-kira berubah bentuk dan berubah manfaatnya.
Contohnya : Botol-botol plastik. Eh hati-hati kawan, ada beberapa botol plastik yang hanya bisa sekali pakai loh. 
Terus, coba bayangkan jika botol-botol plastik itu yang cuma sekali pake terbuang begitu saja. Nah, disini kita mengubah pola pikiran kita.
Botol-botol tersebut bisa kita daur ulang menjadi beraneka ragam, misalnya celengan, pot bunga, tempat pensil dll...
Kemudian, sampah organik yang biasa kita hasilkan dirumah, bisa didaur ulang menjadi kompos.
Kertas!!! Daur ulang jadi kertas lagi, yah walau kualitasnya sedikit berkurang.
Tapi, ayo sayangi bumi kita (:

4. Replace
Replace adalah mengganti. Kita harus pintar dan teliti.
Contoh dari replace ialah mengganti barang-barang yang sekali pake dengan barang-barang yang bisa untuk dipake berulang-ulang (Sekalian hemat pengeluaran). Selain itu, ganti barang-barang kita dengan barang-barang lebih ramah lingkungan yaa...

5. Repair
Repair atau memperbaiki disini maksudnya yaitu usaha untuk perbaikan demi lingkungan kita. Nah untuk contohnya itu, reboisasi. Untuk skala rumah tangga repair-lah kran air. Coba liat dulu kran air kalian, apakah ketika posisi off tidak ada air yang masih menetes??? Nah kalo ada air yang masih menetes, ayo segera perbaiki krannya. Bisa bayangkan sehari ait itu menetes, mungkin bisa sebaskomloh. Apalagi yang suka  berpergian bisa-bisa sebak mandi air yang menets itu terbuang kemudian tidak lama kemudian tagihan listrik atau tagihan air membludak.

6. Rethink
Ini yang terakhir, Rethink atau berpikir kembali. Berpikir kembali. Hmmm... Maksudnya itu, ketika kita akan menggunakan atau membeli suatu barang sebaiknya kita harus berpikir jangka panjangnya juga. Pilih barang yang ramah lingkungan dan yang sedikit mengemat cost. Ingat, akan ada generasi kita mendatang yang akan mendiami bumi, pasti gak mau mereka yang menanggung akibat jika bumi rusak nantinya, padahal semuanya itu disebabkan oleh kita-kita saat ini. 

So, Think Go Green, kawan!!!
Wassalam

Komentar

BACA JUGA