#RandomStory : Kelas Inspirasi Kendari 2


Halo great people!
Sebelumnya, saya ingin cerita bahwa beberapa hari lalu Kak Hafni memposting foto bahwa dia sedang berada suatu lokasi yang saya kenali, lokasi sekolah saya. Dan saya menanyakan dia sedang mengikuti kegiatan apa di sana?
Dia menjawab bahwa dia sedang mengikuti kegiatan Kelas Inspirasi (KI)
Saat itu, saya berpikir bahwa saya pernah mendengar nama kegiatan ini disuatu tempat. Saya memang sedikit kurang melek akan hal kayak beginian, alasannya "karena saya merantau", "gak ada orang yang saya kenali", atau "kuatir saya tidak bisa berkontribusi".

#ThesisRandom : Gimana sih Perijinan Penelitian di Indonesia?




Alhamdulillah akhirnya saya pun tiba di Indonesia. 
Jadi sebelum saya pulang, saya sempat kepo kepada teman-teman saya yang sudah melakukan penelitian di Indonesia mengenai gimana sih alur perijinan untuk penelitian khususnya bagi teman-teman yang tengah melanjutkan sekolah di luar negeri.

Namun, tetap saya kewalahan juga karena ternyata alur perijinan (mungkin) tiap daerah berbeda-beda. Nah, di sini saya ingin membagikan sedikit pengalaman yang saya alami, semoga bermanfaat untuk teman-teman yang hendak melakukan penelitian di Indonesia. Saya akan langsung saja ceritakan point-point dari mana kemana prosesnya. Well, tetap saya merasakan proses dioper-oper sih tapi namanya juga proses mendapatkan data, gak semuanya mulus-mulus aja hehe.

#ThesisRandom : Bikin Proposal Enam Minggu


Bulan September, mungkin saya bisa mengatakan bahwa saya sudah memasuki tahap penulisan proposal dengan lebih baik. Saya mendapatkan banyak komentar dari dosen dan saya simpan itu semua sebagai bahan belajar. 
Komentar pertama beliau jelas seputar grammar saya yang masih kacau balau. Namun, sedikit demi sedikit alhamdulillah semua bisa teratasi. Demikian pula dengan struktur kalimat saya yang maish acak-acakan. 

#ThesisRandom : Selembar Ide Penelitian


Kepada siapa saja yang membaca tulisan ini.


Saya akhirnya memutuskan untuk membuat catatan online tentang aktifitas pertesisan saya. Semata-mata sebagai saranan melampiaskan perasaan dan semua yang saya alami selama mengerjakan tesis ini. Jika dirunut ke belakang, saya teringat, dulu saya sempat khawatir untuk melanjutkan sekolah di luar negeri. Menulis tugas dan tesis tentu dalam bahasa Inggris. Asal teman-teman tahu, bahasa Inggris saya tidak ada apa-apanya, belajar bahasa Inggris di Pare, tes IELTS 2 kali, dan 3 kali tes TOEFL ternyata tidak seberapa dengan realita yang ada ketika melanjutkan perkuliahan di luar negeri.